Selasa, 28 Mei 2013

Teknologi Komunikasi



Apa yang dimaksud dengan komunikasi? Komunikasi merupakan kegiatan mengirim dan menerima pesan. Kamu berbicara dengan temanmu merupakan contoh komunikasi. Sejak kapan manusia berkomunikasi? Sejak zaman dahulu orang sudah biasa mengadakan komunikasi dengan orang lain. Baik yang berdekatan maupun yang berjauhan tempat tinggalnya. Dahulu saat manusia belum mengenal teknologi cara manusia berkomunikasi yaitu melalui bahasa isyarat dan bahasa lisan yang sangat sederhana.
Manusia zaman dahulu berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahasa lisan yang sangat sederhana
Namun, seiring perkembangannya zaman pada tahun 3000 SM masyarakat telah mengenal tulisan dalam bentuk simbol 

Pada zaman modern perkembangan TIK mengalami kemajuan yang sangat pesat. Diawali dengan penemuan telegram oleh Samuel Thomas von Sommering pada tahun 1809. Lalu muncul penemuan baru yaitu telepon oleh Alexander Grahambell pada tahun 1876. Setelah itu TIK semakin berkembang dengan munculnya komputer digital pertama yang diberi nama ENIAC 1 pada tahun 1946.
            Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi informasi dan komunikasi manusia semakin mengalami kemajuan. Pada tahun 1957 satelit buatan manusia pertama milik Uni Sovyet bernama Sputnik diluncurkan ke orbit. Dan pada tahun 1969 ARPANET yang merupakan cikal bakal internet digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk suatu jaringan.
            Teknologi internet juga terus mengalami perkembangan, pada tahun 1991 World Wide Web(WWW) mulai dirintis oleh European Laboratory for Particle Phisycs(dikenal dengan CERN). CERN merupakan organisasi yang didirikan oleh 18 negara anggota Uni Eropa yang berpusat di Kota Geneva, Swiss. Pembentukan WWW berawal dari ide Tim Berners untuk menciptakan suatu protokol sistem distribusi informasi  di internet yang memungkinkan para anggotanya untuk membagi informasi.            World Wide Web(WWW) terdiri dari jutaan situs web(website) dan setiap website terdiri dari banyak halaman web. Halaman-halaman web ini tersebar diseluruh dunia dan data-data yang ada di internet ini disimpan disuatu komputer server.
            Internet semakin berkembang, web browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Software web browser pertama  ini juga hanya dibuat untuk komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX. Sampai akhirnya pada tahun 1993  web browser Mosaic yang berbasis grafis  dibuat oleh seorang mahasiswa bernama Marc Andressen dari University of Illonis, Amerika serikat. Web browser ini juga bisa berjalan diatas sistem operasi Windows dan UNIX.
            Sewaktu browser masih berbasiskan pada teks, hanya terdapat sekitar 50 website. Pada akhir tahun 1995 jumlah website berkembang hingga mencapai angka sekitar 300.00 website.
            Waktu terus berjalan, jejaring sosial(social networking) menguasai dunia. Salah satu jejaring sosial paling terkenal di seluruh dunia adalah facebook yang sudah memiliki sekitar 200 juta anggota pada tahun 2010. Pada awalnya pengguna facebook hanya dikhususkan untuk mahasiswa Harvard University. Namun lama kelamaan facebook mulai bisa digunakan diseluruh dunia. Facebook sendiri telah dirilis secara resmi sejak tahun 2006. Diperkirakan pada tahun 2015 nanti pendapatan facebook bisa mencapai US$ 1 Milyar. Karena asetnya yang potensial itulah pendiri facebook Mark Elliot Zuckerberg memutuskan untuk Drop Out dari Harvard University, salah satu universitas faforit di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar